Sabtu, 03 November 2018

Makanan khas Cianjur

Sup Roti Dawegan, Kuliner Tersembunyi di Jantung Kota Cianjur
Bagi pehobi traveling dan pencinta kuliner jangan lewatkan tempat tersembunyi di jantung kota Cianjur untuk mencicipi rogan soup atau sup roti dawegan. - T
Https//mycianjurlive.blogspot. com

Bagi pehobi traveling dan pencinta kuliner jangan lewatkan tempat tersembunyi di jantung kota Cianjur untuk mencicipi rogan soup atau sup roti dawegan.
Sekilas bentuknya mirip resep nenek moyang karena dibungkus daun pisang. Selidik punya selidik ternyata rogan soup memang terinspirasi dari resep leluhur yakni Jojongkong. Bedanya Jojongkong bentuknya kecil dan padat, rogan lebih besar dan ada sup santan dan susu hangat.
Rogan kini menjadi satu kuliner dari Cianjur yang banyak dicari pelanggan dari luar Cianjur. Rasanya yang milky dan hangat, membuat rogan cocok dinikmati saat musim hujan.
Sup roti dawegan ini dikukus menggunakan daun pisang. Komposisi bahan selain sup susu dan santan ada bahan pelengkap seperti kelapa muda (dawegan), roti, dan kacang hijau.
Warna putih mendominasi sajian kuliner yang terletak di Jalan Mayor Harun Kabir, Kelurahan Bojongherang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur ini.
Ada dua rumah yang memproduksi kuliner sup dawegan panas ini. Kedua rumah tersebut merupakan kakak beradik. Sang kakak melestarikan resep Jojongkong dan sang adik mengembangkan resep baru roti dawegan variasi dengan komposisi bahan baru.
"Kuliner ini terinspirasi dari resep orangtua yanh suka bikin kue dulu, ada jojongkong dari tepung beras, dari situ mulai tumbuh ide," kata pemilik Rogan Soup Empat Kurniawati (51) saat ditemui, Rabu (24/10/2018).
Empat mengatakan, kuliner Jojongkong mendapat perubahan mulai dari bentuk dan komposisi bahan di dalamnya.
"Ada bahan yang ditambah dan dikurangi, nama rogan atau roti dawegan mulai saya kenalkan sekitar tahun 2010," kata Empat.
Empat mendapat kabar dari pelanggannya di daerah lain juga ada kuliner seperti ini seperti di Tasik yang diberi nama kopyor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar